Benelli PATAGONIAN EAGLE 250 S – Benelli mungkin bukan nama yang familiar, meski nama ini sudah malang melintang di dunia otomotif puluhan tahun lamanya. Setelah diambil alih oleh konsorsium dari Cina, Benelli merangsek lebih jauh lagi ke berbagai negara, dengan produk yang lebih beragam. Salah satunya Paatagonian Eagle ini.
Jujur saja, bentuk retronya menarik dan punya kualitas pembuatan yang bagus. Meski fiturnya tidak terlalu menonjol. Lampu depan dan belakang belum LED, panel instrumen pun masih analog. Tapi dari segi pengendaraan,motor ini patut diacungi jempol. Posisi duduk rileks tidak melelahkan, bobotnya tidak terlalu berat.
Satu hal yang membuat kami suka adalah, suaranya. Patagonian Eagle memiliki mesin dua silinder dengan kapasitas 251,8 cc. Tapi suara yang dihasilkan persis sama seperti motor empat silinder. Hal lain yang patut jadi perhatian adalah, betapa konvensionalnya mesin ini. Belum menggunakan injeksi, pengapian CDI.
Hal ini bisa membuat dua kesimpulan. Mesinnya jadul amat, atau mesinnya gampang dioprek. Yang doyan motor pasti akan happy dengan motor ini. Patagonian Eagle punya segala hal yang membuatnya mudah untuk dimodifikasi.
Displacement | 250 cc, SOHC |
Bore x stroke | ø55×53 mm |
Max.Torque | 16.5N.m/6000 r/min |
Compression Ratio | 9.0:1 |
Fuel system | Carburator |
Ignition | C.D.I |
Starter | Electric |
Lubrication system | Pressure splash lubrication |
Cooling system | Oil-Cooler |
Gearbox | 5-speed |
Clutch Type | Wet multi-plate |
Frame type | Bassinet type |
Front suspension | Telescopic forks |
Front suspension travel | 120 mm |
Rear suspension | Telescopic coil spring oildamped |
Rear suspension travel | 70 mm |
Fr. tyre | 90/90-18 |
Rr. tyre | 130/90-15 |
Fr. Brakes | Disc |
Fr. brakes diameter | 260 mm |
Rr. brakes | Drum |
Rear brakes diameter | 130 mm |
Max.Loadage | 150 kg |
Fuel capacity | 14 L |
Battery | 12V9Ah(12N9-4B) |
Dry weight | 145 kg |
Overall Length | 2180 mm |
Overall Width | 970 mm |
Overall Height | 1180 mm |
Wheelbase | 1460 mm |